Journey Selama Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare Kediri

19 Oct 2013

Beberapa waktu yang lalu saya pernah ikut kursus bahasa Inggris di kampung inggris Pare. Pare itu entah sejak tahun berapa sangat terkenal karena kursusan bahasa Inggrisnya di kampung inggris yang banyak dan berjenis- jenis. Kursus bahasa inggris nya ada yang khusus untuk belajar Grammar, atau belajar Speaking saja, atau belajar Preparation TOEFL atau ada juga yang belajar versi lengkap yang mulai dari belajar Grammar, belajar Speaking, belajar Listening, belajar English for Work, belajar Understanding Conversations, dan program belajar yang lain- lain. Dan tarifnya pun untuk tahun lalu beraneka ragam, tarif mulai dari Rp.75 ribu hingga Rp.150 ribu per program untuk 2 minggu. Cukup tergolong murah memang jika dibandingkan dengan tarif kursus bahasa Inggris yang bisa kita dapatkan di kota-kota besar.

Saya juga pernah sebelumnya kursus di kampung inggris pare saat itu saya ikut camp di Venus Original Camp yang alamat blognya http://kampunginggris-voc.blogspot.com . ketika itu tarifnya hanya Rp.350 ribu untuk satu bulan. Dengan fasilitas ikut kelas sebanyak 5 kali setiap hari Senin sampai Jumat dan harus nge-camp disana . Maksud dari nge camp itu seperti halnya kita hidup di asrama istilah di kampung inggris pare . Dan setiap hari (kecuali hari Sabtu dan hari Minggu) kita diharuskan bangun paling lama jam 6 pagi dan kita sudah harus kembali ke camp pkl 9 malam, kemudian tidur pkl.10 malam. Setiap hari kami punya 5 kelas yang diawali dari Speaking Class kemudian break untuk sarapan kemudian mandi. Pkl 19.00 - 21.00 wib biasanya ada kelas untuk menonton Film, atau singing class, dan drama class, dan kelas lainnya. Kelas yang paling seru itu emang pada malem harinya kalau menurut saya. Dan lebih mengeksplorasi kosakata bahasa Inggris kita dan juga tenaga maupun konsentrasi lagi maksimal banget ketika jam segitu.

Serunya lagi camp di kampung inggris ini full English day kecuali pada waktu weekend sabtu dan minggu. Peraturannya mulai dari kita bangun tidur sampe kita mau tidur lagi, dan di bagian mana pun kita berada di camp wajib pake bahasa Inggris ketika ngobrol. Bagaimana kalau nggak? Sudah pasti ada peraturan dan denda yang telah ditetapkan. Per kata Bahasa selain bahasa inggris yang terucap kita akan dikenakan denda sebesar 500 Rupiah. Lumayan juga sih jika keceplosan satu kalimat saja. Dan nyatanya, setiap orang biasanya kena denda secara akumulatif yang harus dibayarkan setiap hari Jumat atau setidaknya sebesar 5000 Rupiah, dan itupun minimal. Banyak juga jumlah tipe kursusan di kampung inggris pare yang bikin paket sama seperti camp ini.

Dari kunjungan pertama ataupun kedua di kampung inggris Pare selalu meninggalkan bekas tersendiri. Karena dimanapun itu disetiap sudut kampung inggris ini orang- orangnya yang sesama pendatang selalu bisa aja dijadikan teman. Entah itu temennya temen atau teman yang seperjalanan, dan temen se-kursus, maupun temen yang ketemu di tempat makan, dan semuanya ramah deh. Juga pastinya disini saya selalu mendapatkan temen yang benar- benar dari Indonesia baik dari seluruh pelosok penjuru negeri seakan berada di kampung inggris ini.


TAGS kampung inggris


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post